Selasa, 12 Desember 2017

memperbaiki platina vespa

Cara Memperbaiki dan Menyetel Platina Vespa


VespaIndonesia - Vespa lawas seperti vespa super, vespa vbb, vespa PTS dan tipe vespa lainnya yang diproduksi di bawah tahun 80 merupakan jenis vespa yang masih menggunakan pengapian model platina, di zamannya pengapian platina umum digunakan setiap pabrikan kendaraan sepeda motor, namun setelah era pengapian platina berakhir dan berbagaimacam kendaraan beralih ke pengapian model CDI,  model pengapian jenis platina kian redup dan bahkan beberapa pabrikan sepeda motor sudah tidak mengeluarkan lagi pengapian jenis ini.
Jika kita membandingkan antara platina dan CDI, pastinya akan banyak yang lebih memiliki CDI sebagai pilihan, sebab pengapian CDI terkesan lebih praktis, tidak perlu setel sana setel sini ya walaupun harganya agak sedikit mahal dibanding platina, namun bagi yang sudah fanatik dengan vespa tua mungkin akan tetap konsisten menggunakan pengapian model ini.
Bagi mereka yang fanatik dengan model pengapian platina tentu sudah punya resiko tersendiri dan memiliki solusi sendiri untuk memperbaikinya, namu hal ini tidak berlaku bagi mereka yang awal tentang pengapian vespa, untuk itu, kali ini saya akan mengupas bagaimana cara memperbaiki platina vespa yang berebet atau pun nembak. 

                                       Cara Memperbaiki Platina Vespa 

1. Bagi mas bro yang awam soal platina mari kita lihat dulu bentuk platina itu seperti apa dan posisi platina vespa itu di sebelah mana:

ilustrasi platina vespa
Masbro bisa melihat tanda merah pada gambar? itulah bentuk dan posisi platina yang benar, dalam platina itu terdapat dua permukaan seperti bentuk batu jam tangan yang saling berdempetan dengan kerenggangan 0,30mm-0,50mm, atau jika diilustrasikan ke dalam bentuk lain itu hanya berjarak satu helai kertas saja. Namun gambar di atas tidak berlaku untuk vespa yang tengah bebebet atau nembak. Pada umumnya platina vespa yang sedang eror memiliki kerenggangan yang cukup segnifikan. 

2. Setelah masbro tau posisi dan kerenggangan platina itu seperti apa, silakan cek pada vespa masbro yang tengah berkendala, apakah sama persis dengan apa yang saya tuliskan di atas, jika iya, masbro cukup membuka tutup lubang kipas magnet vespa masbro.  

ilustrasi lubang kipas tampak platina 
3. Perhatikan tanda panah warna merah, di situlah platina vespa menetap, (yaela menetap kek orang aja, hehehe.), seperti yang saya sudah jelaskan di atas kalau platina itu memiliki kerenggangan tidak lebih dari selembar/ sehelai keretas. 

4. Jika terlalu renggang atau terlalu rapat lebih dari itu, maka hal yang perlu masbro lakukan adalah mengambil obeng dan palu kecil. 

5. lalu pukul perlahan dengan obeng platina tersebut hingga kerenggangan kedua permukaan platina itu kembali rapat, namun jangan terlalu rapat, nanti malah vespa masbro malah mati total. Sesuaikan dengan apa yang saya arahkan yaitu jaraknya selembar kertas.

6  Setelah selesai merapatkan kembali platina vespanya, sekarang saatnya untuk menyalakan vespa masbro. 

Itulah kiat sederhana dan cara memperbaiki platina yang berebet paling praktis, namun jika kendala itu masih berkelanjutan, alangkah baiknya masbro cek bagian lain seperti koil, condensor, atau bagian lain yang masih relevan dengan pengapian. 

Terimakasih semoga membantu.

0 komentar:

Posting Komentar